Tips Membuat Lem Ebonit atau Kayu

Tips Membuat Lem Ebonit atau Kayu


Lem Ebonit merupakan salah satu lem yang juga cukup banyak digunakan oleh orang – orang. Sebutan lain dari lem Ebonit ini merupakan lem putih. Memang lem Ebonit ini berwarna putih dan sangat kental. kalian Bisa menjumpai dan membeli lem Ebonit ini didi toko alat-alat bangunan. Selain Bisa di gunakan untuk merekatkan Ebonit, lem Ebonit juga bisadigunakan untuk merekatkan kertas dan benda yang lainnya.Dalam penyebarannya di pasaran, lem Ebonit ini biasanya dikemas dalam bentuk botol plastik, atau juga sekarang sudah banyak yang menjual isi ulangnya aja yaitu memakai kemasan dalam kantong plastik.Lem jenis ini biasanya Anemia tahan di air dan rentan terhadap tumbuhnya Fungi. Sehingga memang lem Ebonit ini akan lebih cocok digunakan hanya untuk lem Inside aja. Penggunaannya seperti di industri mebel untuk pembuatan meja, kursi dan sebagainya, yang digunakan di dalam ruangan. Industri cat atau tembok dan industri yang memakai kertas juga biasanya memanfaatkan lem Ebonit ini.

membuat lem Ebonit
membuat lem Ebonit

Lem Ebonit cukup disukai masyarakat di karenakan juga mempunyai harga yang cukup terjangkau. Namun bila kalian ingin membuatnya sendiri, mungkin di karenakan kalian ingin berbisnis penjualan lem Ebonit, sebenarnya Tips pembuatannya tidaklah sulit, di karenakan untuk bahan – bahannya kalian juga Bisa membelinya di pasaran. Nah, di kesempatan kali ini, saya akan mencoba menerangkan Tips membuat lem Ebonit dengan benar. Simak bagus – bagus caranya di bawah ini:

Terlebih dahulu kalian wajib mempersiapkan bahan – bahan untuk membuat lem Ebonit tersebut, diantaranya:

1. Air, sekitar 30,9%
2. Resol 65%, sekitar 25,5%
3. Dextrin, sekitar 10,9%
4. Polyvynil Alkohol (PVA), sekitar 3,6%
5. Solid, sekitar 29,1%
6. PolyvynilAcetat (PVAC), sekitar 55%

bila sudah disiapkan semua bahan – bahannya, sekarang tinggal kalian olah bahan – bahan tersebut menjadi lem Ebonit, dengan Tips sebagai berikut:

1. Terlebih dahulu kalian wajib mencampurkan air dengandextrin dengan Cara perlahan. kalian cukup memakai 1/3 air yang sudah disediakan.

2. setelah itu panaskan campuran tersebut sambil dilakukan pengadukan perlahan dan dengan Cara kontinyu hingga suhu sekitar 70° C.

3. kalian wajib menjaga suhu di suhu reaksi sekitar 70° C tersebut, di karenakan reaksi bahan – bahan ini sangat peka terhadap suhu.

4. Setelah mencapai suhu reaksi tambahkan campuran tersebut dengan sebagian air sekitar 1/3 lagi.

5. Masukkan Polyvynil Alkohol (PVA) dengan Cara bertahap, jangan langsung dimasukkan dengan Cara banyak, setelah itu terus lakukan pengadukan terhadap campurannya.

6. Apabila larutan telah tercampur sempurna, tambahkan kembali air yang masih tersisa.

7. setelah itu baru kalian masukkan juga Resol 65% ke dalam campuran tersebut.

Setelah semuanya dilakukan, barulah kalian mendapatkan lem Ebonit hasil buatan kalian sendiri. kalian Bisa menggunakannya untuk keperluan sendiri, atau juga untuk menjualnya ke toko – toko bangunan, atau orang – orang yang membutuhkan lem Ebonit ini. di karenakan lem Ebonit yang dibuat ini terbuat dari PVAC, maka wajib diingat penggunaanya merupakan dengan Tips membiarkan permukaan lem tersebut mengering dulu, sekitar 10 menit sebelum merekatkan Hepotenusa – Hepotenusa permukaannya. Pengeringan lem ini juga biasanya lebih lama dibandingkan dengan lem lainnya. Namun bila kalian tak sabar untuk mengeringkannya, kalian juga Bisa memakai Donasi hairdrier.

sumber:
carageek.com

This entry was posted in almunium desain. Bookmark the permalink.