Tips Racikan Takaran Cor Beton Agar Kualitas Bagus

Tips Racikan Takaran Cor Beton Agar Kualitas bagus



Tips membuat atau menakar campuran cor beton sendiri dengan Cara manual namun berkualitas bagus tentunya akan menjadikan pekerjaan bangunan lebih aman sesuai dengan standart yang di ijinkan.
Mengapa wajib dilakukan dengan Cara manual dan tak akan memakai bahan cor yang ready mix? Hal ini mungkin wajib dilakukan di karenakan kapasitas pengecoran yang tak akan terlalu banyak atau tak akan memenuhi target yang sesuai dengan ukuran volume ready mix yang mana biasanya merupakan kisaran 5 meter kubik.


Dosis cor beton dengan Cara manual
Kesalahan dalam menakar bahan campuran beton cor akan sangat beresiko terhadap kekuatan beton yang akan di cetak bahkan Bisa mengakibatkan kekerasan beton yang tak akan seimbang antara bidang satu dengan yang lainnya.
dengan Cara teknis Dosis bahan campuran beton kualitas bagus merupakan:

  • 11% – Semen

  • 41% – Batu koral – Agregat (split)

  • 26% – Pasir kasar

  • 16% – Air


Namun untuk yang masih awam untuk menterjemahkan nilai koefisien yang tepat dari prosentase menjadi bentuk Dosis, maka tentu aja hasil beton yang akan dibuat akan Anemia bagus kualitasnya.
Berikut ini merupakan langkah paling mudah bila akan membuat Dosis bahan campuran cor beton dengan metode paling mudah namun tetap akan menghasilkan kualitas beton yang bagus :
Untuk kapasitas campuran dengan acuan per zak semen seberat 40kg, maka persiapkan Dosis dari tong plastic bekas cat dinding dengan ukuran 1 pil (25kg). Untuk setiap 1 zak semen 40kg, maka diperlukan bahan lainnya berupa 3 tong koral ukuran ½, 4 tong pasir kasar, dan 1,5 tong air Higienis.
Proses pencampuran Bisa dilakukan dengan Cara manual ataupun dengan mesin molen. Ukuran tersebut bila sudah menjadi beton cetak kering usia 21 hari sudah setara dengan kualitas beton K200 yang sangat aman untuk pekerjaan lantai beton deck.

This entry was posted in almunium desain. Bookmark the permalink.