Tutorial Membuat Cat Tembok Sendiri

Tutorial Membuat Cat Tembok Sendiri



kalian ingin membuat cat sendiri? Namun, kalian bingung bagaiman Tutorial membuat cat tembok sendiri? bila in addition to ingin membuat suatu peluang bisnis, tak ada salahnya untuk mencoba membuat cat tembok sendiri di karenakan cat tembok Bisa menghasilkan untung yang tak sedikit dan mempunyai pangsa pasar yang luas serta banyak peminatnya. Cat tembok merupakan bahan yang sering digunakan oleh orang untuk memperindah dan menambah suasana nyaman di dalam rumah atau ruangan serta mempunyai harga yang relatif murah.Tutorial membuat cat tembok sendiri juga sangat mudah. Namun, sebelum kalian memulai membuat cat tembok sendiri, kalian terlebih dahulu wajib mempersiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cat tembok.Bahan-bahan untuk membuat cat:

1. Calsium Carbonate (CaCO3)

Bahan Calsium Carbonate (CaCO3) ini berbentuk seperti tepung dan berwarna putih. Bahan ini mempunyai sifat yang mudah larut dengan air dan senyawa dengan kulit manusia. Jadi, bahan ini aman dan mudah hilang bila terkena kulit kalian.

2. Titan Dioksida (TtiO2)

Bahan Titan Dioksida (TtiO2) juga berbentuk seperti tepung berwarna putih, namun sifatnya lebih lengket tapi tetap mudah larut dengan air. Bahan Titan Dioksida (TtiO2) ini tak senyawa dengan kulit kalian. Jadi, bahan ini tak mudah hilang bila terkena kulit kalian. bila kalian ingin membuat cat tembok berwarna putih kalian Bisa memakai Titan Dioksida (TtiO2).

Namun bila kalian ingin membuat cat tembok berwarna, kalian Bisa memakai Pigmen Warna (pewarna sablon kaos) dengan warna sesuai dengan keinginan kalian.

3. Propyline Vinyl Acrylic (PVaC)

Bahan Propyline Vinyl Acrylic (PVaC) ini berwarna putih dan lengket. Fungsi dari bahan ini merupakan sebagai perekat atau penguat cat tembok kalian supaya tak mudah luntur.

4. Kaolyn atau Bolus Alba

Bahan Kaolyn ini berbentuk sperti tepung berwarna putih. Bahan ini berfunsi sebagai obat Fungi dan pengawet di cat tembok buatan kalian.

5. Pine Oil

Bahan ini bermanfaat untuk penguat warna dan penguat aroma dari cat tembok buatan kalian.

6. Air dan Pewangi

Air digunakan sebagai pelarut dan bila kalian ingin membuat aroma cat tembok kalian lebih wangi, kalian Bisa memakai pewangi. Namun, hal ini bergantung dengan selera kalian
Setelah semua bahan-bahan pembuat cat tembok di atas telah tersedia. Barulah, kalian Bisa memperhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk membuat cat tembok sendiri.

Langkah membuat cat tembok:

1. Langkah yang pertama merupakan kalian cairkan Propyline Vinyl Acrylic (PVaC) dengan air.

2. setelah itu, barulah kalian campurkan Propyline Vinyl Acrylic (PVaC) cair dan Calsium Carbonate (CaCO3) dengan air, lalu aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata memakai mixer.

3. Setelah bahan tersebut tercampur rata, kalian masukkan Titan Dioksida (TtiO2) atau pigmen warna sedikit demi sedikit sambil diauk hingga menjadi rata dan warna yang kalian inginkan terlihat. Untuk pembuatan cat warna, sebaiknya Dosis pigmen warnanya kalian mempunyai catatan Dosis yang tepat.

4. setelah itu, tambahkan Kaolyn dan Pine oil di campuran tersebut supaya warna cat tak mudah luntur dan cat tak mudah berjamur, lalu aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata.

5. Cat tembok buatan kalian pun telah selesai dibuat dan Bisa langsung kalian gunakan atau kalian masukkan ke dalam kemasan untuk di pasarkan kepada konsumen.

Untuk membuat cat tembok kalian lebih mengkilap, kalian Bisa menambahkan bahan kilap cat, seperti : matt/doff, eggshell, semigloss, dan gloss. Semakin mengkilap cat tembok buatan kalian maka kadar pigmen warna yang kalian gunakan wajib semakin rendah.

sumber:
carageek.com

This entry was posted in almunium desain. Bookmark the permalink.