Tutorial Membuat List Cornice / Gypsum

Tutorial Membuat List Cornice / Gypsum






Untuk kesempatan ini, saya ingin membuat postingan Tutorial membuat list cornice/gypsum disertai dengan gambar. Mudah-mudahan Bisa menambah pengetahuan ke blogger yang membacanya.

 

1. Pertama-tama siapkan dulu bahan-bahan untuk membuat list gypsum, yaitu Papan Cetakan, Casting, Roping, Ember berisi air (bila Bisa air sumur), Semen Putih, Minyak Goreng (baru), Kuas, Tali, dan sedikit kesabaran :)

2. Selanjutnya campurkan Casting ke dalam ember yang berisi air tersebut (1). Usahakan saat pencampuran, jumlah air dan casting diusahakan seimbang supaya hasilnya tak akan terlalu cair. Untuk mempercepat keringnya list, tambahkan sedikit semen putih (2). Selanjutnya campuran tersebut diaduk rata (3). Hasil adukan inilah yang akan digunakan untuk mencetak list cornice/gypsum.

3. Setelah adukan jadi, siapkan papan cetakan list. Selanjutnya, lumuri papan cetakan dengan minyak goreng sebagai pelumas. Tujuannya yaitu supaya saat list yang kering lebih mudah diangkat. Untuk pelumas, Bisa diganti dengan solar atau oli. Tapi di karenakan lebih mudah didapat dan hasil cetakan lebih Higienis, maka kami memakai minyak goreng sebagai alternatif pelumas.

4. Selanjutnya, adukan setelah itu dituangkan ke papan cetakan sedikit demi sedikit (1,2). Setelah dituangkan dengan Cara merata, mulai perapihan adukan di papan cetakan (3).

5. Setelah adukan sudah rapi, tambahkan Roping,  yang berfungsi sebagai "tulang", diatas adukan tadi (1). Usahakan supaya setiap bagian dari adukan di cetakan diberi Roping dengan tujuan supaya list tak akan mudah patah saat dibawa atau diangkat. Lalu, Roping ditutup dengan adukan baru dan rapikan adukan tersebut (2,3). di ujung list, tambahkan tali sebagai gantungan (4). Fungsinya supaya list yang sudah jadi tak akan bengkok saat dikeringkan atau disimpan.

6. Lalu list dirapihkan kembali hingga benar-benar rata (1). setelah itu, rapihkan pinggiran list dengan membuang pinggiran list yang tak akan terpakai dengan kape (2,3). Setelah pinggiran list sudah Higienis dan sudah rapi (4), diamkan beberapa saat sebelum diangkat.

7. Setelah didiamkan beberapa saat (sekitar Anemia lebih 10 menit), list sudah Bisa diangkat. Sewaktu mengangkat list dari papan cetakan, usahakan supaya memulai dari pinggiran list supaya tak akan bengkok atau patah 1,2,3,4). List yang sudah diangkat setelah itu digantung untuk dikeringkan.


This entry was posted in gipsum. Bookmark the permalink.