Tutorial Memperbaiki Plafon Gipsum (Gypsum)

Tutorial Memperbaiki Plafon Gipsum (Gypsum)





Plafon gypsum atau sering disebut langit-langit, tak luput dari masalah debu, flek karena bocor, atau berlubang. Debu masih Bisa diatasi dengan pembersihan dengan Cara rutin. Namun apabila sudah berflek apalagi hingga berlubang, maka plafon gypsum wajib ditambal atau bahkan diganti.


Panggil tukang? Jangan dulu! Menambal plafon gypsum sebenarnya cukup mudah. kalian hanya memerlukan alat dan bahan sederhana. Untuk lebih jelasnya, ikuti aja langkah-langkah berikut ini.


1. Alat dan bahan yang dibutuhkan:

- Cutter, Kompon (bahan pengisi) perekat, kompon pelapis, gergaji, selotip kertas, kape, tatakan, papan gypsum, meteran

2. Ambil sisa gypsum dan ukur sehingga gypsum tersebut Bisa menutup lubang yang ada. Besar potongan gypsum wajib lebih besar dari lubang.

3. Gambar dengan pensil ukuran gypsum tersebut di plafon yang berlubang. Ini wajib kalian lakukan supaya lubang yang ada Bisa tertutup dengan rapi. setelah itu memakai cutter, buatlah torehan di plafon.

4. Buatlah lubang di plafon gypsum tersebut seukuran gypsum yang akan kalian pasang, dengan Tutorial menggergaji lubang dengan Cara diagonal ke arah tepi batas ukuran gypsum tadi.

5. Setelah kalian menggergaji ke empat arah diagonal, patahkan plafon di sekitar lubang tadi sehingga bentuk lubang menjadi segi empat. Potong dengan cutter sisa-sisa plafon hingga benar-benar terlepas. Jangan lupa untuk merapikan Hepotenusa-Hepotenusa lubang supaya potongan gypsum penambal akan Bisa terpasang dengan rapi.

6. Siapkan papan gypsum lainnya dengan ukuran sepanjang lubang dan 1/3 lebar lubang, sebanyak dua buah. Gypsum ini dimanfaatkan sebagai rangka tambahan untuk gypsum penambal. Oleskan kompon perekat di rangka tambahan ini.

7. Cepet tempelkan rangka tambahan yang sudah diolesi kompon perekat di bagian atas lubang plafon gypsum. Tempelkan kedua rangka penahan tadi di kedua Hepotenusa panjang lubang. Tunggu hingga kompon benar-benar kering. Ini ditandai dengan rangka penahan yang sudah tak Bisa Dinamis lagi saat ditekan.

8. Sesudah rangka tambahan tersebut menempel dengan kuat, ambil potongan gypsum penambal tadi dan olesi juga dengan kompon perekat (sebaiknya kompon tak hanya dioleskan di tengah gypsum, tapi juga di sekeliling gypsum supaya Bisa menempel di plafon gypsum dengan kuat).

9. Encerkan kompon pelapis dengan air, lalu oleskan di keempat Hepotenusa sambungan antara gypsum penambal dengan plafon. Oleskan memakai kape sehingga kompon Bisa menempelpada plafon gypsum dengan rata. Untuk tahap ini kompon pelapis cukup diaplikasikan satu lapis aja.

10. Cepet setelah kompon pelapis selesai dioleskan, tempelkan selotip kertas Eksklusif di keempat Hepotenusa sambungan tadi. supaya selotip Bisa tertempel dengan bagus, tekan dengan kape. setelah itu oleskan kompon pelapis sebanyak dua lapisan. Biarkan hingga kering, baru setelah itu kalian Bisa mengecat plafon gypsum kalian kembali.

(sumber : tabloidrumah.com)


This entry was posted in info. Bookmark the permalink.